Inilah Perbedaan Baja Cor Dengan Besi Cor

perbedaan baja cor dengan besi cor

Pengecoran logam merupakan suatu proses penuangan materi logam cair yang dimasukkan ke dalam cetakan pasir atau media lainnya yang memiliki rongga cetak sesuai dengan bentuk atau desain yang diinginkan. Logam cair yang telah dituang kedalam cetakan tersebut kemudian dibiarkan membeku didalam cetakan dan kemudian dikeluarkan menjadi suatu komponen tertentu.

Ada beberapa material yang digunakan dalam pengecoran logam ini diantaranya besi cor, baja cor, aluminium, hingga material khusus seperti timah hitam, timah putih, nikel, dan lain sebagainya. Dan di antara beberapa material tersebut, baja cor dan besi cor lah yang paling populer. Meskipun istilah besi dan baja ini sudah akrab di telinga kita, nyatanya masih banyak orang yang menganggap kedua material ini sama, karena secara visual memang sulit dibedakan. Lantas apa perbedaan baja cor dengan besi cor ini? Dan bagaimana cara membedakannya?

Kandungan karbon

Baja cor merupakan logam yang terbentuk dari paduan antara besi (Fe) dengan karbon (C) sebagai komposisi utama dan dibuat dengan proses pengecoran. Kandungan karbon pada baja cor sendiri cukup rendah yaitu kurang dari 2%. Berbeda dengan besi cor yang memiliki kandungan karbon diatas 2% atau pada umumnya sampai dengan 4%.

Karakteristik material

Material baja cor memiliki karakteristik diantaranya yaitu memiliki daya tarik dan daya tekan yang besar, tangguh, tahan korosi yang cukup baik, namun kurang mampu meredam getaran. Sedangkan sifat dari besi cor yaitu mampu meredam getaran, kemampuan las yang relatif rendah, kemampuan tempa yang baik, dan mempunyai elongasi tinggi.

Suara material saat dipukul

Untuk mengetahui perbedaan baja cor dengan besi cor dapat kita cek berdasarkan suara yang dihasilkan saat kedua material dipukul. Baja cor biasanya memiliki hasil pukulan dengan suara yang lebih nyaring daripada besi cor. Hal ini dikarenakan sifat besi cor yang dapat meredam getaran, sehingga suara hasil pukulan besi cor lebih rendah. Tetapi belum ada penelitian lebih lanjut untuk percobaan ini, tentu hasilnya adalah relatif dan tidak terukur.

Pengaplikasian material

Material besi cor mempunyai aplikasi yang lebih luas dibandingkan dengan baja cor. Besi cor biasanya dapat diaplikasikan untuk grill, manhole cover, grating drainase dan sebagainya. Sedangkan pengaplikasian baja cor diantaranya pipa, komponen presisi, komponen konstruksi, dll. Meski demikian, banyak juga dibalikkan, misal pipa dengan besi cor, dsb.

Percikan gerinda

Dari hasil pengamatan, percikan gerinda yang dikeluarkan baja cor lebih pendek dan lebih sedikit daripada besi cor. Namun, percobaan ini pun juga masih bersifat subyektif, dikarenakan belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan baja cor dengan besi cor. Perbedaan karakterisik keduanya ini membuat spesifikasi penggunaannya juga berbeda. Masing-masing material tentunya memiliki keunggulan di setiap pengaplikasiannya.

Di AAK (Aneka Adhilogam Karya) sendiri menggunakan dua material tersebut dalam memproduksi sambungan pipa (pipe fittings) dan komponen drainase. Pemesan dapat menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di lapangan. besi cor maupun baja cor kami pun memiliki standarisasi pilihan terbaik.

Artikel

cast ironductile cast ironpengecoran logam

Komentar dinonaktifkan.